sejarah Batik qonita Pekalongan di Koja

Kebiasaan batik Indonesia

sejarah Batik qonita Pekalongan di Koja – Batik yakni kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang berhubungan. Oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Istiadat Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Kebiasaan batik

Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari kultur Indonesia (lebih-lebih Jawa) semenjak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah profesi eksklusif perempuan hingga ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang dapat diperhatikan pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di sebagian daerah pesisir pekerjaan membatik yaitu lazim bagi kaum lelaki.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan kebiasaan yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif bisa dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Sebagian motif batik bisa menunjukkan status seseorang. Bahkan hingga saat ini, sebagian motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik yaitu warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang hingga ketika ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan terhadap dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu menerapkan batik pada Konferensi PBB.

sejarah Batik qonita Pekalongan di Koja-Corak batik

Variasi corak dan warna Batik diberi pengaruh oleh bermacam-macam imbas asing. Awalnya, batik mempunyai tipe corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak cuma boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Tapi batik pesisir mengabsorpsi beraneka imbas luar, seperti para pedagang asing dan juga pada hasilnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil atensi terhadap batik. Dan alhasil adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak diketahui (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal konsisten mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *