motif Batik Solo-yogya di Surabaya

Budaya batik Indonesia

motif Batik Solo-yogya di Surabaya – Batik yaitu kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang mempunyai kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait. Oleh UNESCO sudah diatur sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Adat Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Istiadat batik

Batik yakni kerajinan yang mempunyai skor seni tinggi dan sudah menjadi bagian dari kebiasaan Indonesia (terutamanya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau mewujudkan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu profesi membatik merupakan pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang dapat diamati pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di sebagian daerah pesisir pekerjaan membatik ialah umum bagi kaum lelaki.

Budaya membatik pada awalnya yaitu kebiasaan yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Sebagian motif batik dapat memperlihatkan status seseorang. Malah sampai saat ini, sebagian motif batik tadisional hanya digunakan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik ialah warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang hingga ketika ini masih ada. Batik juga pertama kali disampaikan kepada dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu menerapkan batik pada Konferensi PBB.

motif Batik Solo-yogya di Surabaya-Corak batik

Jenis corak dan warna Batik dipengaruhi oleh bermacam-macam akibat asing. Awalnya, batik memiliki jenis corak dan warna yang terbatas, dan sebagian corak cuma boleh diaplikasikan oleh kalangan tertentu. Melainkan batik pesisir meresap bermacam dampak luar, seperti para pedagang asing dan juga pada alhasil, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil ketertarikan terhadap batik. Dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, sebab biasanya masing-masing corak mempunyai perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *