motif Batik Solo-yogya di Kraksaan

Adat batik Indonesia

motif Batik Solo-yogya di Kraksaan – Batik ialah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan metode tertentu yang mempunyai kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan kultur yang terkait. Oleh UNESCO sudah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Kebiasaan batik

Batik yaitu kerajinan yang mempunyai poin seni tinggi dan telah menjadi komponen dari kebiasaan Indonesia (secara khusus Jawa) semenjak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu profesi membatik merupakan pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada sebagian pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang dapat dilihat pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di sebagian daerah pesisir profesi membatik yakni umum bagi kaum lelaki.

Budaya membatik pada mulanya yaitu kebiasaan yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menonjolkan status seseorang. Malahan hingga saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya diterapkan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik yaitu warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang hingga dikala ini masih ada. Batik juga pertama kali dikenalkan terhadap dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu menerapkan batik pada Konferensi PBB.

motif Batik Solo-yogya di Kraksaan-Corak batik

Tipe corak dan warna Batik diberi pengaruh oleh pelbagai akibat asing. Awalnya, batik memiliki tipe corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak cuma boleh diaplikasikan oleh kalangan tertentu. Tetapi batik pesisir mengabsorpsi bermacam dampak luar, seperti para pedagang asing dan juga pada alhasil, para penjajah. Warna-warna cemerlang seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil atensi terhadap batik. Dan akhirnya merupakan corak bebungaan yang sebelumnya tidak diketahui (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal konsisten mempertahankan coraknya, dan masih diterapkan dalam upacara-upacara adat, sebab lazimnya masing-masing corak mempunyai perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *