Model Batik qonita Pekalongan di Kendal

Istiadat batik Indonesia

Model Batik qonita Pekalongan di Kendal – Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan sistem tertentu yang mempunyai kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan kebiasaan yang berhubungan. Oleh UNESCO sudah ditentukan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Istiadat batik

Batik yaitu kerajinan yang mempunyai skor seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (secara khusus Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau mewujudkan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik merupakan profesi eksklusif perempuan hingga ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang bisa dipandang pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di beberapa daerah pesisir profesi membatik ialah umum bagi kaum lelaki.

Adat membatik pada awalnya ialah budaya yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif bisa dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Sebagian motif batik bisa menampilkan status seseorang. Pun hingga ketika ini, beberapa motif batik tadisional hanya diaplikasikan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali disajikan terhadap dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Model Batik qonita Pekalongan di Kendal-Corak batik

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh beraneka dampak asing. Mulanya, batik memiliki jenis corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak cuma boleh diaplikasikan oleh kalangan tertentu. Tetapi batik pesisir mengabsorpsi bermacam akibat luar, seperti para pedagang asing dan juga pada kesudahannya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik. Dan akhirnya ialah corak bebungaan yang sebelumnya tak diketahui (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih diterapkan dalam upacara-upacara adat, sebab umumnya masing-masing corak mempunyai perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *