Indonesian Batik quilts di Mojosari

Budaya batik Indonesia

Indonesian Batik quilts di Mojosari – Batik yakni kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan tradisi yang berkaitan. Oleh UNESCO sudah ditentukan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Adat Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Budaya batik

Batik merupakan kerajinan yang mempunyai poin seni tinggi dan sudah menjadi komponen dari kebiasaan Indonesia (khususnya Jawa) semenjak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menghasilkan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu profesi membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan hingga ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada sebagian pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang dapat diperhatikan pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di sebagian tempat pesisir pekerjaan membatik yakni biasa bagi kaum lelaki.

Istiadat membatik pada awalnya merupakan kebiasaan yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif bisa dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menonjolkan status seseorang. Malahan hingga dikala ini, sebagian motif batik tadisional hanya diaplikasikan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai ketika ini masih ada. Batik juga pertama kali disampaikan kepada dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu mengaplikasikan batik pada Konferensi PBB.

Indonesian Batik quilts di Mojosari-Corak batik

Ragam corak dan warna Batik diberi pengaruh oleh beragam akibat asing. Awalnya, batik mempunyai jenis corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak cuma boleh diaplikasikan oleh kalangan tertentu. Melainkan batik pesisir menyerap bermacam-macam akibat luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil ketertarikan terhadap batik. Dan hasilnya merupakan corak bebungaan yang sebelumnya tidak diketahui (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *