filosofi Corak Batik riau di Bangil

Tradisi batik Indonesia

filosofi Corak Batik riau di Bangil – Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan metode tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang berkaitan. Oleh UNESCO sudah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Adat Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Tradisi batik

Batik adalah kerajinan yang mempunyai poin seni tinggi dan telah menjadi komponen dari adat istiadat Indonesia (terutama Jawa) semenjak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menciptakan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik ialah profesi eksklusif perempuan sampai ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada sebagian pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang dapat dipandang pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di beberapa tempat pesisir pekerjaan membatik yakni biasa bagi kaum lelaki.

Adat membatik pada mulanya adalah budaya yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Pun sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik ialah warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai ketika ini masih ada. Batik juga pertama kali dikenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu menggunakan batik pada Konferensi PBB.

filosofi Corak Batik riau di Bangil-Corak batik

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh beraneka dampak asing. Awalnya, batik mempunyai tipe corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Melainkan batik pesisir meresap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akibatnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik. Dan kesudahannya yaitu corak bebungaan yang sebelumnya tak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih diterapkan dalam upacara-upacara adat, sebab biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *