Corak Batik nusantara jawa di Mungkid

Istiadat batik Indonesia

Corak Batik nusantara jawa di Mungkid – Batik yakni kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan sistem tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan adat istiadat yang terkait. Oleh UNESCO sudah diatur sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Adat Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Budaya batik

Batik ialah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan sudah menjadi bagian dari kebiasaan Indonesia (terpenting Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau mewujudkan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik yakni pekerjaan eksklusif perempuan hingga ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di sebagian tempat pesisir profesi membatik ialah biasa bagi kaum lelaki.

Istiadat membatik pada awalnya merupakan kebiasaan yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik bisa memperlihatkan status seseorang. Malah hingga ketika ini, sebagian motif batik tadisional cuma digunakan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik yakni warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali dikenalkan terhadap dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu menerapkan batik pada Konferensi PBB.

Corak Batik nusantara jawa di Mungkid-Corak batik

Jenis corak dan warna Batik dipengaruhi oleh beragam dampak asing. Awalnya, batik mempunyai tipe corak dan warna yang terbatas, dan sebagian corak cuma boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir mengabsorpsi berjenis-jenis dampak luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akibatnya, para penjajah. Warna-warna cemerlang seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil atensi terhadap batik. Dan hasilnya yakni corak bebungaan yang sebelumnya tak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal konsisten mempertahankan coraknya, dan masih diterapkan dalam upacara-upacara adat, sebab biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *