Batik Solo parang kusumo di Kulon Progo

Budaya batik Indonesia

Batik Solo parang kusumo di Kulon Progo – Batik yaitu kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan adat istiadat yang terkait. Oleh UNESCO sudah diatur sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Kebiasaan batik

Batik yakni kerajinan yang mempunyai skor seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (terlebih Jawa) semenjak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menciptakan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu profesi membatik yaitu profesi eksklusif perempuan hingga ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang bisa dipandang pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah biasa bagi kaum lelaki.

Adat membatik pada mulanya adalah kebiasaan yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik bisa menampilkan status seseorang. Pun sampai saat ini, sebagian motif batik tadisional cuma diaplikasikan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik yaitu warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang hingga dikala ini masih ada. Batik juga pertama kali dikenalkan terhadap dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu mengaplikasikan batik pada Konferensi PBB.

Batik Solo parang kusumo di Kulon Progo-Corak batik

Tipe corak dan warna Batik diberi pengaruh oleh berbagai akibat asing. Mulanya, batik memiliki tipe corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh diterapkan oleh kalangan tertentu. Tapi batik pesisir meresap berbagai imbas luar, seperti para pedagang asing dan juga pada kesudahannya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil ketertarikan kepada batik. Dan alhasil ialah corak bebungaan yang sebelumnya tak diketahui (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal konsisten mempertahankan coraknya, dan masih digunakan dalam upacara-upacara adat, karena umumnya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *