Batik mahakarya Indonesia di Kuningan

Kultur batik Indonesia

Batik mahakarya Indonesia di Kuningan – Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan sistem tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan kebiasaan yang terkait. Oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Kultur Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Budaya batik

Batik yaitu kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan sudah menjadi komponen dari adat istiadat Indonesia (terpenting Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau mewujudkan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu profesi membatik yakni profesi eksklusif perempuan sampai ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang dapat dipandang pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di beberapa tempat pesisir profesi membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Kebiasaan membatik pada awalnya merupakan budaya yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif bisa dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Sebagian motif batik dapat menampilkan status seseorang. Malahan hingga ketika ini, sebagian motif batik tadisional cuma digunakan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik yakni warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang hingga ketika ini masih ada. Batik juga pertama kali disampaikan terhadap dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu mengaplikasikan batik pada Konferensi PBB.

Batik mahakarya Indonesia di Kuningan-Corak batik

Tipe corak dan warna Batik dipengaruhi oleh beraneka pengaruh asing. Mulanya, batik mempunyai macam corak dan warna yang terbatas, dan sebagian corak hanya boleh diterapkan oleh kalangan tertentu. Melainkan batik pesisir mengabsorpsi beragam imbas luar, seperti para pedagang asing dan juga pada walhasil, para penjajah. Warna-warna cemerlang seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat terhadap batik. Dan akhirnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih diterapkan dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak mempunyai perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *