Batik godong Pekalongan di Mojosari

Budaya batik Indonesia

Batik godong Pekalongan di Mojosari – Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan metode tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan tradisi yang terkait. Oleh UNESCO telah ditentukan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Kebiasaan Verbal dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Istiadat batik

Batik yakni kerajinan yang mempunyai poin seni tinggi dan sudah menjadi komponen dari kultur Indonesia (lebih-lebih Jawa) semenjak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan hingga ditemukannya \”Batik Cap\” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada sebagian pengecualian bagi fenomena ini. Batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang dapat dilihat pada corak \”Mega Mendung\”. Di mana di sebagian tempat pesisir profesi membatik ialah lazim bagi kaum lelaki.

Istiadat membatik pada mulanya yaitu kebiasaan yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik bisa menonjolkan status seseorang. Malahan sampai saat ini, sebagian motif batik tadisional hanya digunakan oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.

Batik yakni warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto. Pada waktu itu mengaplikasikan batik pada Konferensi PBB.

Batik godong Pekalongan di Mojosari-Corak batik

Variasi corak dan warna Batik dipengaruhi oleh beraneka pengaruh asing. Awalnya, batik mempunyai variasi corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh diaplikasikan oleh kalangan tertentu. Tetapi batik pesisir menyerap berjenis-jenis dampak luar, seperti para pedagang asing dan juga pada alhasil, para penjajah. Warna-warna cemerlang seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil ketertarikan terhadap batik. Dan alhasil adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak diketahui (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal konsisten mempertahankan coraknya, dan masih digunakan dalam upacara-upacara adat, sebab lazimnya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *